Proses Penjualan Property

whatsapp-image-2016-10-25-at-10-29-42

Satu langkah besar yang kami ambil memasuki tahun 2017 yaitu dengan menjual rumah yang mulai kami cicil melalui bank konvensional di Bandung sejak November 2013.

It was so sad, but we both know it’s a better beginning.

Proses menjual property ternyata tidak semudah ketika membeli. Kalau ketika membeli property kita dimudahkan oleh bantuan pihak developer maka ketika berniat untuk menjualnya maka siap-siaplah berurusan dengan banyak hal.

Hal yang paling pertama adalah carilah yang berminat dan tentunya punya dana untuk membeli property yang akan kita jual. Caranya dengan mengiklankan di beberapa media seperti media online dan surat kabar. Tidak sedikit pula yang memakai jasa sales marketing untuk membantu mencari pembeli yang pas dengan property yang dijual. Tapi bagi yang tidak ingin melalui perantara marketing property mending [saran saya sih] iklankan sendiri di media media pasar online atau melalui broadcast messangger.

Periksa kembali SPPT Pajak rumah anda, apabila dalam SPPT tersebut hanya dicantumkan pajak atas tanah berarti anda harus datang ke kantor Dinas Pelayanan Pajak setempat untuk mem-verifikasi pajak tanah beserta bangunan yang berdiri diatasnya. Dalam SPPT ini nanti akan jelas berapa NJOP [Nilai Jual Objek Pajak] yang akan menjadi acuan untuk menentukan berapa nilai pajak yang harus ditanggung oleh pembeli dan pajak yang harus ditanggung oleh pihak penjual.

Berdasarkan keputusan pemerintah yang telah berlaku secara nasional, nilai pajak yang harus dibayarkan oleh pihak pembeli adalah 5% dari nilai NJOP dan untuk pajak penjual senilai 2,5% dari nilai NJOP.

Setelah jumlah tersebut diatas telah jelas maka, hal selanjutnya yang harus penjual sediakan tentulah sejumlah uang untuk membayar pajak penjual yang harus dibayarkan tunai pada saat akad jual beli dilakukan di hadapan notaris. Adapun sebenarnya yang lazim dilakukan oleh orang-orang adalah dengan memasukkan nilai pajak tersebut di dalam harga property yang dijualnya. Jadi pajak dan biaya roya secara tidak langsung disediakan oleh pihak pembeli.*nilai Roya biasanya idr 500K*

Nah ini adalah urusan dengan pihak pembeli. Setelah itu anda akan berurusan dengan pihak Bank tempat sertifikat property anda dijaminkan. *huft*

Setelah anda menerima uang sesuai dengan nilai yang anda sepakati dengan pihak pembeli maka, sudah kewajiban anda untuk melakukan pelunasan di bank untuk mengeluarkan sertifikat yang sudah menjadi hak pembeli setelah akad jual beli tadi berlangsung.

Pelunasan biasanya memakan waktu yang cukup lama, tapi kalau anda bisa menekan pihak bank maka pengeluaran sertifikat anda bisa keluar di hari yang sama ketika anda melakukan pelunasan.

Sebelum anda menjual property anda, sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu berapa sisa pokok dan biaya-biaya tambahan yang harus anda bayarkan. Ingat, ada sejumlah nilai penalty yang harus anda bayarkan ketika melakukan pelunasan, apalagi kalau bank yang anda gunakan adalah bank konvensional.

Point-point yang harus anda bayarkan adalah :

  1. Pokok Kredit
  2. Penalty maksimal 4% [tergantung bank]
  3. Denda [kalau anda pernah telat membayar]
  4. Pajak berjalan

Well, untuk memudahkan anda mengakhiri urusan dengan bank, maka datanglah satu hari sebelum anda melakukan pelunasan untuk mengabari pihak bank bahwa ke-esokan harinya anda akan datang untuk melakukan pelunasan dan meminta agar sertifikatnya disiapkan.Pengambilan sertifikat tidak bisa diwakilkan, kecuali ada surat kuasa yang telah ditanda-tangani di hadapan notaris.

Untuk nilai penalty sendiri, kalau anda merasa keberatan dengan nilainya anda bisa membuat atau menulis permohonan resmi kepada pihak pimpinan bank untuk meminta penghapusan nilai penalty. Kemungkinan besar tidak akan hilang sama sekali, akan tetapi paling tidak bisa berkurang 1% atau 2%.

Selamat mencoba, semoga sukses!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s