Keep Love Alive

Dalam pernikahan cinta datang dan pergi, kalau kata pedangdut sih “ada uang abang disayang, ga ada uang abang ditendang”. Berikut saya tuliskan beberapa tips untuk menjaga agar cinta selalu bersemi diantara kedua pelaku pernikahan. Tips yang akan saya bagikan ini adalah hasil riset serta hasil trial and error yang telah saya jalani selama 5 tahun.

couple2

  • Hargai Peran Masing-Masing

Apabila anda adalah pasangan yang sama-sama bekerja, maka hargai suami anda meskipun pendapatannya tidak lebih dari yang anda dapatkan setiap bulan. Suami adalah laki-laki yang harga dirinya enggan direndahkan di hadapan perempuan. Ketika anda merendahkan suami anda, suami anda akan merasa sangat gagal menjadi kepala rumah tangga yang mempunyai tanggung jawab dalam proses pemenuhan kebutuhan. Kegagaln yang seperti ini tidak akan memotivasi pasangan anda untuk maju, sebaliknya akan membuat pasangan anda untuk malas meng-explore kemampuannya.

Di lain pihak, sebagai laki-laki yang bekerja dan menghabiskan waktu lebih banyak di luar rumah ; hargai apa yang telah dilakukan istri di rumah. Pekerjaan rumah tangga tidak lebih mudah daripada pekerjaan kantoran yang diupah sesuai jabatan. Untuk tetap tampil cantik menyambut anda di depan pintu ketika anda kembali dari kantor, istri di rumah harus berkejar-kejaran dengan waktu dalam menyelesaikan semua tetek bengek perumah tanggaan. Mulai dari mengurus anak, membereskan dapur, merapikan kasur, menyusun pakaian, serta menyiapkan makanan untuk disantap ketika anda pulang.

Every good relationship, especially marriage is based on respect. if it’s not based on respect nothing that apears to be good will last very long -Amy Grant

  • Budayakan Maaf, Terima-Kasih dan Tolong

Dalam pernikahan, membuat kesalahan mungkin adalah hal yang hampir sering terjadi. Kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan tanpa sadar ataupun kesalahan yang sebenarnya kita sadari namun tetap kita pertahankan sebagai sebuah kebenaran. Bukan karna kita memang benar tapi karna ada slogan bahwa istri akan selalu benar dan suami adalah pihak yang selalu harus mengalah.

Ketahuilah bahwa sikap anda yang sering menyalahkan Suami akan berdampak kepada perilaku suami anda. Suami akan takut melakukan hal-hal yang sebenarnya belum tentu salah. Bisa jadi suami anda sedang berencana membeli cincin berlian sebagai kejutan, menjadi batal hanya karna anda pernah marah-marah ketika suami salah membeli jenis minyak goreng yang anda pesan. Fatal! Pahamilah bahwa separuh laki-laki tidaklah peka terhadap hal-hal yang sifatnya sensitive. Lower your ego dan meminta maaflah.Meminta maaflah ketika anda sadar anda telah membuat kesalahan.

Hal yang sering kita abaikan dalam hubungan suami istri adalah rasa terima kasih. Terkadang karena sudah menghabiskan beratus-ratus hari bersama, kita jadi jarang mengucap terima kasih. Padahal banyak hal yang perlu kita syukuri, yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Berterima kasihlah pada pasangan anda, apabila dia memilih tetap setia, berterima kasihlah ketika anda bisa berangkat ke kantor dengan perut terisi dan pakaian yang rapi, berterima kasihlah karena suami anda bekerja keras mencari nafkah; karena itulah bentuk cintanya yang luar biasa untuk anda. Berterima kasihlah dari hal-hal kecil yang anda terima dari pasangan anda, banyak di luar sana yang tidak lebih beruntung daripada anda.

Jangan lupa menyisipkan kata tolong ketika anda meminta pasangan anda melakukan sesuatu, kata tolong mampu membuat pasangan anda merasa punya arti, merasa dibutuhkan. Kata tolong juga akan menghilangkan indikasi gap antara yang inverior dan superior, karna pada dasarnya suami dan istri memiliki kedudukan yang sama di dalam rumah tangga.

In marriage “i’m sorry” is just a very humbling to say “i love you”

  • Berpelukan dan Berciuman Sebelum Berpisah

Kita tidak pernah tahu dimana dan kapan Tuhan akan mengambil kembali nyawa yang dipinjamkan kepada kita. Bisa jadi pelukan dan ciuman pagi ini ketika pasangan kita akan berangkat mencari nafkah menjadi yang terakhir dalam hidup kita. Kiss and hug him like it will be the last.Β 

Memeluk dan mencium pasangan kita sebelum berpisah merupakan pesan yang tersirat sebagai bekal selama tidak bersama. Bekal cinta, bahwa kita selalu punya cinta untuk saling menguatkan. Kuat mencari nafkah serta kekuatan dalam menjalani peran sebagai wanita yang melakoni segalanya dari rumah.

  • Beri Ruang

Kapan terakhir anda merindukan pasangan anda? kalau anda lupa, berilah sedikit ruang dalam pernikahan anda. Ruang ini biasanya saya sebut sebagai “i give you time to miss me”. Dalam pernikahan, cinta datang dan pergi, begitupun rasa rindu. Kita telah menghabiskan beratus-ratus hari bersama dan akan menghabiskan lebih dari ribuan malam [dengan izin Allah], memandangi orang yang sama setiap hari. Tidak ada salahnya anda meluangkan waktu 1 atau 2 minggu untuk diri masing-masing, saling merindukan, saling merasa kehilangan. Treatment ini pun akan membuat anda menyadari arti keberadaan pasangan anda, akan menimbulkan kesadaran akan peran pasangan masing-masing bahwa sebenarnya kita tidak bisa hidup tanpa pasangan kita. Tanpa istri di rumah, dapur jadi berantakan, pakaian tidak terurus dsb.

  • Travelling Bersama

Luangkan lah waktu anda untuk jalan-jalan bersama pasangan anda. Collect moments not things.Β Ukirlah kenangan sebanyak-banyaknya, karna kenangan tersebutlah yang akan membuat anda always stick together.Β Travelling bersama akan menimbulkan pengalaman baru dalam pernikahan anda, melepaskan diri dari rutinitas yang sama setiap hari selama bertahun-tahun justru akan membuat anda merasa seperti pengantin baru lagi.

Travel and make love in every country with yours

  • Berdebatlah Dengan Rasional dan Bahasa Yang Tertata

Tidak ada pernikahan tanpa perdebatan, karna pernikahan bukanlah menyatukan dua hal yang sama dalam satu ikatan, sebaliknya ; dua hal yang berbeda untuk saling menyempurnakan.

Untuk menghindari perdebatan yang berakhir dengan adu jotos, sampaikanlah argumen masing-masing dengan bahasa yang tertata dan dengan pandangan yang rasional. Tidak akan sampai pada sebuah kesimpulan yang baik apabila anda dan pasangan anda tidak bisa mengemukakan pendapat dengan landasan yang rasional.

  • Tuntaskan Perdebatan Sebelum Tidur

Ingatlah bahwa tidur adalah mati sementara. Anda tentu berharap anda akan bangun esok hari melihat matahari, bekerja seperti biasanya, dan mengakhiri hari dengan baik-baik saja. Maka dari itu sebaiknya akhiri perdebatan anda sebelum tidur. Apa yang anda bawa sebelum tidur akan tersimpan di alam bawah sadar anda ketika tidur, anda tentu tidak ingin bangun pagi dengan perasaan gusar karna permasalahan semalam belum juga tuntas. Hari yang indah dimulai dengan malam yang menyenangkan.

There are no challenge strong enough to destroy your marriage as long as you are willing to stop fighting against each other and start fighting for each other -Dave Willis

6 thoughts on “Keep Love Alive

  1. Gue kok kayak baca isi majalah Aneka yess ya? Gue skip dikit2. Hihihi.
    *set ketahuan umurnya bacanya Aneka
    Hahahah.

    Bagus bikin artikel di majalah ini Na. Apply coba. Tapi jangan ke Aneka yess. Tu majalah masi ada ga sih? Eh nanyanya salah. Orang2 masi pada baca majalah ga ya? Hahahha.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s