Pelayanan Buruk J&T Express!

902811_fec06800-bfe0-45c6-9c44-7ce928a2cb3b

Sudah hampir 8 tahun saya malang melintang di dunia bisnis online itu berarti sudah hampir 8 tahun pula saya mengandalkan bisnis saya pada perusahaan jasa pengiriman barang. Mulai dari JNE, Pos , Tiki, Cargo Udara bahkan sampai jasa pengiriman lainnya yang mengantarkan barang saya sampai ke Singapore, Malaysia, Taiwan.
.
Baru kali ini saya apes dan mengalami kerugian yang tidak ternilai harganya setelah saya menggunakan jasa pengiriman yang dengan slogan EASY LIFE, yaa… J&T! J&T ini didrikan oleh mantan CEO Oppo Indonesia, Mr, Jet Lee dan Mr. Tony Chen. J&T sendiri adalah singkatan dari Jet & Tony.
.
Singkat cerita, pada tanggal 24 January 2017 saya minta tolong salah seorang teman saya mengirim HP yang kebetulan ketinggalan di hotel ketika saya menginap di Bandung. Estimasinya, saya akan menerima barang tersebut 2 hari setelah barang tersebut dikirim dari Bandung. Tapi setelah 4 hari dan tetap saya tracking melalui web yang tersedia barang tersebut masih berada di posisi gateway Jakarta. Karna tidak ada pengantaran sama sekali sampai hari Senin maka, saya dan suami berinisiatif untuk menanyakan keadaan barang tersebut ke pihak pengirim. Daaann… dengan nyantainya pihak J&T memberi kabar bahwa paket yang dikirim dari Bandung ke Jakarta tersebut HILANG di gateway Jakarta!
.
Setelah berhari-hari kami menunggu pertanggung jawaban dari pihak J&T, yang ada malah hampir tiap hari kami hanya menerima telpon berisi permohonan maaf tanpa ada kejelasan barang kami akan diganti atau akan diberi kompensasi sesuai dengan kerugian yang kami alami. Ini bukan tentang barangnya tapi data yang ada di dalamnya.
.
Sebenarnya yang membuat kami kesal adalah, barang kami ternyata sudah dinyatakan hilang beberapa hari setelah barang dikirim dari Bandung, tapi tidak ada satupun pihak J&T yang mengabari kami bahwa barang tersebut telah raib. Kami sebagai pengguna jasalah yang repot harus menelpon kesana kemari untuk sekedar tahu bagaimana kabar barang yang kami miliki.
.
Terakhir saya ditelp oleh pihak Gateway Jakarta dengan kalimat yang isinya sama “Maaf” dan penjelasan yang tidak masuk akal selama beberapa menit, Saya hanya menjawab “saya tidak butuh permohonan maaf, saya hanya butuh pertanggung jawaban kalian. Kalau mau minta maaf, Suruh CEO kalian yang datang minta maaf ke saya”
.
Boleh dilihat di flyer J&T yang saya upload saat ini, dengan huruf yang dicapslock dan foto CEO sedang menenteng barang dari pelanggan, kita dibuat yakin bahwa pelayanannya akan sangat memudahkan hidup kita. Tapi apa yang sebenarnya terjadi? J&T ini sangat merugikan dan menyusahkan hidup kami.
.
Setelah saya membuka semua akun social media J&T baik di Facebook maupun di Instagram, ternyata bukan hanya saya saja yang merasakan hal yang sama, ternayta banyak komplain pengguna jasa yang tidak terakomodir sama sekali. Belum lagi berita yang baru saja menyeruak di Pontianak, tentang pengelola J&T Pontianak yang menjadi buronan karna merupakan TKI Ilegal Tiongkok di Indonesia.
.
link berita bisa dibaca disini : http://pontianak.tribunnews.com/…/dinsosnaker-temukan-tenag…

untuk melihat komplain pelanggan bisa dibaca di sini :
https://web.facebook.com/JT-Express-Indonesia-14533986916…/…
.
Review J&T di kaskus :
https://www.kaskus.co.id/…/567…/jampt-pt-global-jet-express/
.
Review J&T di blog :
https://kutakhabispikir.wordpress.com/…/review-ekspedisi-j…/
.
Ini pelajaran, semoga tidak ada lagi yang mengalami kerugian seperti saya. Semoga kita lebih berhati-hati dalam memilih penyedia jasa pengiriman barang

13 thoughts on “Pelayanan Buruk J&T Express!

  1. awalnya baik2 aja pake J&T, tapi terakhir pake dari Depok Ke Belitung dikirim dari Jakarta 12 Juni 19.38 sampai hari ini 16 Juni 09.03 statusnya masih tidak berubah (JKT Gateway dikirim ke TJQ Gateway). Setiap komplain jawabannya selalu dalam pengiriman. Telpon call centernya juga tidak bisa untuk komplain. Dan saya baru menyadari kalau email customer carenya masih menggunakan gmail..

    Liked by 1 person

  2. say halo, mau tanya terus paketnya sampe ga ya ? karena paket saya juga entah kemana.. padahal dari jakarta ke jakarta. udah seminggu, tlp ke pihak JNT juga ga ada kepastian.

    Liked by 1 person

  3. Saya pernah beli dan kebutulan barang lewat olshop melalui kaya web online jual beli(bukan olx) secara resmi. Setiap pembelian pasti ada rincian kaya jumlah beli pengiriman barang dari penjual ke pembeli melalui web. Memang barang saya kalau di pikir gak terlalu berharga karena dibawah 150k. Tapi kalau ingat alangkan terkejutnya saya pas tahu kalau barang saya di nyatakan telah di terima sama saya. Padahal saya sendiri tak pernah terima barang tersebut. Dengan emosi saya telepone constumer service. Lalu cs bilang bakal ngelacak kebeneran. Selang 2 jam dari telepon saya ke cs barang datang dengan kodisi plastik pelindung rusak gak ada tanda bukti. Ditambah kaya udah di buka orang awalnya saya gak mau nethink tapj karena penasaran saya tanya pengirim barang itu yang ngater katanya ketuker lah apalah. Semenjak dari situ saya enggan gunain j&t. Saya seorang penyuka belanja online dan hampir hafal karakter kurir mulai dari tiki,jne, pos kilat& sicepat. Diharap jgn ada yang kaya gue aja

    Like

    1. Pool j&t ada di dekat rumah saya. Tapi untuk menerima paket dari situ butuh waktu lbh dari sehari. Barang yg sampe sudah keburu busuk

      Like

  4. sangat super duper buruk sekali pelayanannya. tidak sesuai dengan yang diiklankan!
    gimana maw bisa bersaing dengan jasa2 pengiriman yang lain jika pelayanannya seperti ini?
    mohon untuk tata manajemen pihak J&T agar tidak semakin banyak merugikan masyarakat.

    Like

  5. pengalaman saya sama seperti mbak Rose. barang dinyatakan sudah diterima oleh saya tetapi saya tidak pernah sama sekali menerima barang itu. saya juga sudah telepon pihak Customer Carenya tapi sampe sekarang pun hanya janji2 doang maw menghubungi kembali. sejak pengalaman ini saya menjadi kapok menggunakan J&T dan tidak akan maw lagi menggunakannya. saya lebih baik membayar mahal jasa pengiriman lain yang sudah terbukti barang sampe tujuan daripada menggunakan J&T. saya harap jangan sampe ada yang kejadian lagi seperti saya ya..

    Liked by 1 person

  6. Saya juga pedagang OL shop di sebuah MP. Sekarang, ini baru ngrasain khawatir dengan kurir ini. Tracking resi masih dianggap invalid dr kemarin. Mana, info pengiriman paling lambat hari ini. Pdhl pake lainnya 1 jam udah bisa ditracking.

    😵😵😵

    Liked by 1 person

  7. Saya juga sama buruk sekali pelayanan jnt padahal saya kira lebih baik dari pada JNE, saya order barang via online lalu dikirim ke alamat saya, kurir jnt jam 9 an malem telpon pdhal saya lagi diluar rumah tidak ada 1 menit cuma miscall si kurir ini tlpn katanya di telpon terus ga bisa padahal dia baru 2 kali telpon itupun nggak ada 5 menit, alhasil katanya barang dikirim besoknya lalu saya tunggu sampe siang nggak dikirim juga kemudian saya SMS kurir yg bawa kok gak dikriim” katanya agak siangan sampe sore pun tidak dikirim trs saya SMS saya ambil sendiri di kantor, udah saya malemnya ke kantor lah kok barang saya di bawa pulang sma si kurir ini kan aneh saya udah nunggu sampe hampir setengah jam di kantor jnt pdhal. Saya kapok banget mending pake jasa pengiriman JNE klo gak ya tiki soalnya lebih bagus!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s