Kyoto, Kansai Japan

Tempat paling pertama yang akan kami kunjungi setibanya kami di Jepang waktu itu adalah Kyoto. Kami berangkat ke Kyoto keesokan hari setelah kami tiba di apartemen teman saya di Tennoji Osaka. Dari Osaka kami menuju Kyoto menggunakan kereta api JR. Semua jenis transortasi publik yang masuk dalam perusahaan Japan Railways tercover oleh kertu Kansai Thru Pass yang sebelumnya sudah kami beli dengan harga 4.000 yen.

Karna peak hours kereta menuju ke Kyoto lumayan padat, kami hanya bisa berdiri sambil menunggu ada yang turun di statiun menuju Kyoto.

DSC00760
abaikan bapak bapak yang lelah itu hehehehe

Kyoto Statiun pagi itu sudah dipadati banyak pengunjung, Kyoto memang merupakan salah satu tujuan wisata di Kansai yang tergolong wajib untuk dikunjungi. Di Kyoto kita masih bisa menemukan budaya lama Jepang yang saat ini sudah jarang kita temui di beberapa kota di Jepang. Kyoto juga merupakan tempat industri kecil yang memproduksi benda-benda traditional secara manual.

DSC00740

 

Kyoto Statiun merupakan statiun kedua terbesar di Jepang. Statiun ini juga langsung terhubung dengan beberapa pusat perbelanjaan terbesar di Kyoto.  Nah pas keluar dari kereta kita sempat melewati beberapa outlet macam di gambar ini sebelum benar-benar keluar dari statiun.

 

Setibanya kami di luar areal statiun, kami kembali disambut udara dingin dan angin yang menusuk sampai ke tulang tulang, maklum kami datang dari negara tropis yang berusaha beradaptasi dengan suhu winter yang kadang turun sampai 1 dercel. Kebayang kan ya, kita yang terbiasa dengan suhu Jakarta yang lebih sering bersuhu 33 dercel dan dengan suhu ruangan yang paling rendah hanya akan menyentuh angka 16 dercel lalu tiba-tiba harus beradaptasi terhadap suhu winter yang kala itu hanya dibawah 10 dercel. Untungnya teman saya membekali saya heater yang bisa digenggam dan ditempel di dalam baju. *lupa namanya apa heheh*

Kesan pertama saya akan Kyoto adalah, kota klasik yang senantiasa memelihaya budaya lama Jepang yang sudah mulai terkikis jaman. Masih nampak rumah-rumah penduduk dengan haya khas Jepang jama dulu, serta kendaraan yang lalu lalang yang masih merupakan mobil keluaran lama.

DSC00860
jalan raya di Kyoto
DSC00836
taksi di Kyoto
DSC00845
Trotoarnya dipagerin, biar ga jalan di jalur kendaraan beroda.
DSC00878
Sungai Kamogawa, untuk mencapai sungai ini kita hanya butuh beberapa menit saja berjalan dari Kyoto Statiun.

 

Setelah berjalan menyeberangi sungai Kamogawa ini, kami menyusuri trotoar yang kiri kanannya penuh dengan outlet-outlet. Kami menuju Yasaka Shrine yang dulunya disebut Gion Shrine ini ,terletak tidak jauh dari sungai Kamogawa, Gion dan Kyoto Statiun. Untuk masuk ke Yasaka ini pun sama sekali tidak dipungut biaya sepeser pun.

DSC00921

DSC00895

 

DSC00892
Yasaka Shrine 

Setelah berkunjung ke Yasaka Shrine, kami lalu menyusuri lorong lorong Gion yang terkenal dengan Geisha dan lalu melanjutkan ke Fushimi Inari.

DSC00898

Kyoto pagi itu padat dikunjungi wisatawan, tampak banyak wisatawan yang berkeliaran menggunakan kimono dengan dandanan persis nampak seperti Geisha. Mereka rata-rata sedang melakukan photoshoot sambil bergaya layaknya wanita Jepang.

 

DSC00926
Fushimi Inari
DSC00917
ini lupa apa namanya, yang pasti kita menelusuri Gion sampai ke ujung dan menemukan tempat ini. Kalau ada yang tahu silahkan tulis di kolom komentar ehehhehe…
DSC00911
Gion  ini sejenis gank yang di dalamnya banyak Geisha dan banyak wisatawan yang berdandan ala Geisha. Can you spot the Geisha in front of me?? 

DSC00913

Masih banyak tempat sih sebenarnya yang belum kami eksplore selama di Kyoto. Sehari di Kyoto memang adalah waktu yang sangat terbatas untuk menjelajahi semua sudut Kyoto, mungkin suatu hari nanti kalau saya dan suami diberi kesempatan dan umur panjang… kami akan berkunjung kembali ke tempat ini. aamiin…

Kami meninggalkan Kyoto untuk kembali ke Osaka selepas magrib. Waktu Jepang satu jam lebih cepat dibanding Jakarta, karna winter ; siang juga terasa lebih pendek dan malam datangnya lebih cepat.

 

One thought on “Kyoto, Kansai Japan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s