Unplanned vacation ; Singapore

Dalam 2 bulan, saya berkunjung ke Singapore sebanyak empat kali berturut-turut. Bukan Bussines trip jug sebenarnya, tapi pure cuma jalan-jalan saja. Kebayang empat kali ke negara yang luasnya tidak lebih dari luas Jakarta. Luas daratan Jakarta diperkirakan 740km2 sedangkan Singapore hanyalah negara yang yang terdiri dari beberapa pulau dengan berbagai proyek reklamasi yang menjadikan daratan Singapore meluas dari 581,5 km2 menjadi kurang lebih 710 km2.

Empat kali? ngapain aja? Bosen dong ya liat itu-itu aja? hahhahaa… iyaaa banget, 1-2 kali mungkin oke. Ke-4 kalinya udah mulai ennek mengulang tempat yang sama.

Kunjungan pertama ke Singapore dadakan gara-gara ada promo GOTF dari Garuda Indonesia. Tadinya mau ambil rute yang sedikit lebih jauh, tapi berhubung baru bulan kemarin balik dari Jepang jadi kita nyarinya yang deket-deket plus bisa dituntaskan dalam 2 atau 3 hari saja. Promo Garuda Indonesia ini berlangsung beberapa hari dan cuma berlaku bagi yang memesan online. Namanya juga GOTF ya, Garuda Online Travel Fair.

DSC02474

Sebenarnya harga tiket saya cuma kurang dari 600rb udah PP, tapi karena si suami lagi melincah dan terlalu over reacted, jadilah dia beli tiket sendiri di tanggal yang berbeda. Karna tanggalnya berbeda dengan tanggal tiket saya, akhirnyakita beli 2 tiket lagi di tanggal yang sama. Tiket di tanggal yang sama dengan tiket suami, 1 tiket lagi di tanggal yang sama dengan saya. hahahah… lieur gusttiiiii… 2 kali ke Singapore dalam satu bulan, udah kayak melipir ke Tangerang tiap weekend dari Jakarta. Fiuuuhhh…

DSC02397
Merlion Park

Kayaknya mah udah mainstream banget ya kalau ngobrolin Singapore. Everyone now can visit Singapore, easily! Saya juga kalau diajak lagi ke Singapore kayaknya masih mikir dulu, kecuali gratisan (lagi) hahahaha… Nah, kali ke-3 dan ke-4 berkunjung ke Singapore ini saya pun gratisan. (perlu dimention ga sih yang sponsorin? hahhaa

where to go?

Merlion Park dan MBS sudah pasti ya? Ini adalah icon utama kota Singapore. Kalau lagi beruntung, di MBS suka ada light water show yang dimulai sejak pukul 8 malam.

Yang pasti kalau muslim, nyarinya mesjid ya? hahaha… nah di Muscat Street ada Mesjid Sultan yang menjadi salah satu tujuan berkunjung para turis ketika datang ke Singapore. Di sekitaran mesjid ini ada cafe dan outlet yang menjual segala macam jenis souvenir.

 

DSC03255
Masjid Sultan

 

DSC03264
Kampong Glam

Kampong Glam ini katanya Cafe yang wajib dikunjungi kalau ke Singapore, letaknya tidak jauh dari Masjid Sultan. Cukup berjalan kaki sekitar 200 m saja.

DSC03265
Masjid Sultan

 

DSC02417
Jl. H. Lane

Jl. H. Lane ini semacam gang atau lorong yang di dalamnya terdapat outlet yang beraneka ragam. Ada pula cafe-cafe dengan ornamen yang menarik dan dinding yang dicat berwarna warni yang kadang jadi latar foto bagi turis yang melintas di jalan ini.

IMG_1036
Sentosa Island

Di Sentosa Island kalian bisa main di Universal Studio, atau kalau hanya ingin explore Sentosanya saja juga bisa. Banyak cafe, outlet ataupun spot foto yang bikin instagram kalian jadi kece hahaha… Banyak pilihan untuk menuju ke Sentosa Island, kalian bisa naik kereta dari Vivo City atau jalan kaki menyusuri jalan penghubung antara Vivo City dan  Sentosa, pilihan lainnya ; kalian bisa mencoba cable car.

Selain itu kalian harus mengunjungi Garden By The Bay.

DSC03142DSC03123

Garden By the Bay ini adalah taman hasil reklamasi yang di dalamnya ada Flower Dome, Cloud Forest, Supertrees dsb. Nah di Cloud Forest ini biasanya ditayangkan bagaimana Singapore memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber tenaga listrik yang menerangi Singapore kalau malam. Waktu saya masuk, saya sempat menyaksikan sejenak penjelasan yang ditampilkan di layar yang memang sengaja ditampilkan layaknya seperti film di bioskop.

Supertrees seperti di gambar atas ini adalah pusat penyimpanan tenaga matahari yang diterima oleh Singapore lalu diolah menjadi tenaga listrik yang selanjutnya nanti akan menyinari Singapore di malam hari. well, that’s what we call solar system.

where to shop?

Orchard Road udah pasti ya. Di Orchard Road kalian bisa belanja branded items sepuasnya. Kalau lagi ada sale, diskonnya bisa gede-gedean. Karna saya bukan pecinta branded items jadi orchard road ini biasanya saya skip kecuali mau nuker dollar di luckyplaza.

DSC03194

DSC02462
Orchard Road

Opsi lainnya kalau ingin belanja, mungkin ke Bugis street dan Bugis Juction ; Bugis street ini semacam pasar yang menjual segala keperluan sehari-hari seperti baju, sepatu, travel bag, souvenir, coklat dsb. Nah kalau souvenir saya suka ke China Town, disini banyak orang Indonesia yang dipekerjakan sebagai pelayan toko. Kalau pas nemu yang orang Indonesia, kita bisa dapat potongan harga yang lumayan hehehe…

Untuk yang doyan belanja coklat, kalau saya pribadi lebih suka belanja ke Mustofa Centre, selain bisa belanja Coklat sepuasnya, Suami juga suka beli peralatan perawatan rambutnya disini dan saya suka belanja parfum atau body mist hehehe… murah?? yaaa lumayanlah…

DSC03038
China Town

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dikunjungi di Singapore, hanya saja… kayaknya bakalan panjang banget tulisan ini kalau harus saya paparkan satu-satu. hahhahaa…

Untuk informasi lebih detail untuk kalian yang mau berkunjung ke Singapore, bisa klik di sini

oh iya untuk kartu internet saya pakai kartu three overseas untuk 3 hari, lumayan sih… cuma 45ribu hehehe…

Happy travelling!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s